Kyoto Animation Dibakar Jadi Pembunuhan Terparah di Jepang 18 Tahun Terakhir | Portal Wibu - Panduan Unik dan Informatif Para Wibu

Mobile Menu

ads

Artikel

Kyoto Animation Dibakar Jadi Pembunuhan Terparah di Jepang 18 Tahun Terakhir

7/19/2019 - kali dilihat
Kyoto Animation Dibakar Jadi Pembunuhan Terparah di Jepang 18 Tahun Terakhir
Kyoto Animation dibakar, dunia animasi Jepang berduka

Tokyo (18/7) - Kemarin Kamis 18 Juli 2019 dunia animasi Jepang harus berduka karena peristiwa dibakarnya studio animasi Kyoto Animation. Musibah kebakaran yang merenggut 33 nyawa tersebut dicatat sebagai pembunuhan masal terbesar di Jepang dua dekade terakhir setelah pembakaran di Tokyo 2001 silam yang menewaskan 44 orang.


Berkobarnya si jago merah di studio animasi Kyoto Animation dilakukan oleh pelaku yang kini sudah ditahan dan disebutkan bahwa berjenis kelamin laki-laki dan berusia 41 tahun. Pelaku pembakaran studio animasi Kyoto Animation tersebut diyakini sudah merencanakan aksinya beberapa hari yang lalu.


Salah seorang saksi mata mengungkapkan bahwa si pelaku sebelumnya sempat berteriak bahwa dia menjadi korban dari aksi plagiat ketika hendak ditangkap oleh polisi.


"Dia terlihat tidak senang dan sangat marah, dia meneriakkan sesuatu tentang bagaimana dia menjadi korban plagiat" kata saksi mata yang tidak ingin disebut namanya itu.


Berbagai laporan dari media lokal Jepang menyebut bahwa pelaku sudah merencanakan aksinya beberapa hari yang lalu karena polisi menemukan 2 jiligen, tas ransel dan troli di dekat lokasi kebakaran.


Motif dibalik aksi pembakaran ini belum jelas. Pihak kepolisian setempat masih menyisir lokasi kebakaran untuk mencari petunjuk lebih lanjut.


Berbagai laporan dari media lokal Jepang juga menyebut bahwa pelaku sempat berteriak "Mati kau!" sebelum pelaku menuangkan cairan yang diduga bensin itu di depan pintu masuk studio animasi Kyoto Animation. Pelaku membakar studio tersebut pada siang hari Kamis 18 Juli 2019 sekitar pukul 10.30 waktu setempat.


Keadaan studio animasi Kyoto Animation yang

Tampak dari foto lantai tiga studio animasi tersebut terbakar hebat oleh jago merah sehingga membutuhkan waktu berjam-jam untuk memadamkan apinya. Sejauh ini, telah dikonfirmasi bahwa korban meninggal dari insiden tersebut sebanyak 33 orang dan 10 orang lainnya dalam kondisi kritis dan harus dilarikan ke rumah sakit.


Laporan dari saluran televisi nasional Jepang, NHK, menyebut bahwa pelaku tidak memiliki keterkaitan langsung dengan pihak Kyoto Animation. Berdasarkan surat izin mengemudi milik si pelaku, diketahui ia berdomisili di Saitama, wilayah pinggir Tokyo bagian utara.


Detil informasi tentang pelaku belum banyak diketahui. Hanya disebutkan bahwa pelaku mengalami luka bakar serius di wajah dan kaki. Si pelaku sekarang juga ditahan dan dalam pengawasan pihak kepolisian setempat.


Sumber: NHK News Web